Mengenal Impaksi Gigi dan Cara Mengatasinya

 



Impaksi gigi atau gigi terkubur adalah situasi gigi yang terjerat dalam gusi serta biasanya berlangsung di gigi geraham bungsu orang dewasa. Impaksi gigi perlu untuk diatasi dengan pas sebab bisa mengakibatkan kerusakan gigi serta penyakit gusi.


Impakasi gigi berlangsung waktu gigi bungsu tumbuh dengan tidak prima sebab tidak memperoleh ruangan yang lumayan buat tumbuh serta keluar dari gusi. Situasi Ini dapat mengakibatkan gigi bungsu atau gigi geraham paling akhir tumbuh menyamping yakni ke arah atau menjauh dari gigi geraham disebelahnya, gigi terkubur, atau gigi cuman tumbuh beberapa.


Pemicu Impaksi Gigi Impaksi gigi umum berlangsung serta seringkali tidak dibarengi rasakan sakit. Tetapi, lain perihal bila gigi bungsu tumbuh miring atau tidak tampil dari permukaan gusi, rasa ngilu kemungkinan untuk dirasa.


Impaksi gigi dapat berlangsung sebab beberapa fakta, salah satunya:


Rahang begitu kecil hingga tidak ada cukup ruangan untuk gigi tumbuh


Gigi jadi bengkok atau miring saat berupaya tumbuh.


Gigi telah tumbuh dalam status yang tidak teratur hingga menghambat gigi bungsu


Mewahnya permainan judi bola di situs sbobet Beberapa pakar yakin jika impaksi gigi mempunyai dampak domino, yakni saat gigi yang tumbuh miring mendesak gigi di sampingnya, karena itu perkembangan gigi menjadi tidak teratur. Gigi yang tidak teratur ini bisa memunculkan permasalahan dalam kunyah.


Tanda-tanda serta Langkah Menangani Impaksi Gigi Gigi terkubur atau cuman tumbuh beberapa bisa mengakibatkan tersisa makanan terlibat. Disamping itu, bakteri bertambah gampang masuk hingga mengakibatkan rasa ngilu serta lebam di gusi. Status gigi terkubur yang berada di belakang membuatnya susah dicapai oleh sikat gigi.


Tersisa makanan yang tersisip di tempat itu bila tidak dibikin bersih bisa menyebabkan perikoronitis. Perikoronitis adalah situasi meradangnya jaringan gusi di seputar gigi. Masalah yang bisa ada karena impaksi gigi ini bisa memunculkan tanda-tanda berbentuk gusi lebam, gusi benyek, serta berbau mulut.


Tanda-tanda impaksi gigi yang lain mencakup:


Gigi cuman ada sedikit di atas gusi


Ngilu di rahang


Sakit di kepala berkelanjutan


Gusi lebam serta kemerahan di seputar gigi terkubur


Kesusahan buka mulut


Kelenjar leher membesar


Sakit gigi waktu menggigit, khususnya dibagian yang alami impaksi gigi


Untuk menangani keluh kesah itu, kompreslah tempat yang alami ngilu memakai kompres dingin. Disamping itu, berkumur dengan larutan air garam serta konsumsi obat penurun ngilu seperti aspirin dapat menolong menurunkan rasakan sakit yang ada.


Walau perawatan itu bisa menolong menurunkan rasakan sakit serta ngilu, Anda terus dianjurkan untuk bertandang ke dokter gigi. Klausalnya bila situasi itu dibiarkan terus, kompleksitas seperti periodontitis, abses gigi atau gusi, ngilu hebat, maloklusi atau formasi gigi tidak teratur, terciptanya plak gigi, serta kerusakan saraf di seputar gigi kemungkinan untuk berlangsung.


Perawatan yang diberi dokter gigi akan disamakan dengan situasi impaksi gigi. Bila hasil dari kontrol memperlihatkan jika impaksi gigi sudah bawa efek kurang baik untuk gigi yang lain, tindak pencabutan gigi atau operasi gigi bungsu umumnya akan direferensikan.


Aksi ini sebetulnya dapat dilaksanakan kapanpun, tetapi pencabutan gigi impaksi sebelumnya berumur 20 tahun condong bertambah gampang untuk dilaksanakan. Klausalnya di umur ini, akar gigi belum berkembang prima hingga bertambah gampang diangkat.


Impaksi gigi kadang tidak memunculkan keluh kesah, tetapi Anda terus dianjurkan untuk ke dokter gigi dengan teratur supaya perkembangan gigi bungsu terlihat dari sekian waktu. Melatih diri bertandang ke dokter gigi dengan teratur tiap enam bulan sekali penting juga supaya kesehatan gigi serta mulut terus terbangun.