Kenali Ciri-Ciri Polip Hidung

 



Beberapa ciri polip hidung yang biasa berlangsung ialah hidung terhalang atau pilek yang berjalan lama. Disamping itu, masalah di indera pengecap atau penciuman, ngilu, serta kepala berasa berat jadi sinyal polip hidung.


Polip hidung adalah tonjolan lunak yang tumbuh di jaringan mukosa hidung serta tumbuh menggantung dengan bentuk seperti anggur. Polip hidung tercipta waktu selaput membran mukosa hidung (selaput lendir) dari aliran pernafasan serta sinus alami infeksi. Kehadiran polip hidung tidak dapat diremehkan sebab bisa mengganggu pernafasan.


Pemicu Polip Hidung Polip hidung dapat berlangsung di siapa, tetapi orang dewasa berumur di atas 40 tahun bertambah beresiko untuk merasakannya. Disamping itu, polip hidung seringkali diketemukan di pria dibandingkan wanita.


Mewahnya permainan judi bola di situs sbobet Pemicu dari polip hidung sampai sekarang tidak dikenali dengan tentu. Tetapi, ada banyak penyakit yang bisa menyebabkan timbulnya polip hidung, misalnya:


Alergi


Asma


Fibrosis kistik


Sinusitis akut


Abnormalitas di pembuluh darah hidung


Sindrom Churg-Strauss


Alergi pada obat antiinflamasi non-steroid(OAINS)


Kecuali dipacu oleh penyakit itu, unsur turunan berperan pada timbulnya polip hidung. Ini dihubungkan dengan jaringan mukosa di hidung yang makin peka waktu alami infeksi, hingga polip bertambah lebih untuk gampang ada.


Ciri-Ciri Polip Hidung Waktu awalnya ada, polip hidung masih memiliki ukuran kecil hingga seringkali tidak memunculkan tanda-tanda. Tanda-tanda biasanya baru dirasa saat ukuran polip sudah jadi membesar.


Meskipun begitu, ada banyak hal yang dapat menjadi untuk sinyal atau beberapa ciri polip hidung, yakni:


1. Hidung terhalang Hidung terhalang adalah tanda-tanda polip hidung umum. Polip yang tumbuh akan menghambat aliran udara hingga memunculkan masalah pernafasan. Tanda-tanda hidung terhalang yang ada sebab polip hidung bisa berjalan lama, yakni lebih dari 12 minggu.


2. Hidung berair serta produksi lendir terlalu berlebih Di situasi normal, hidung dapat menghasilkan seputar 1 liter lendir tiap hari. Lendir (mukus) ini berperan untuk melembapkan aliran pernafasan dan meredam benda asing, bakteri, atau virus pemicu infeksi.


Umumnya, kehadiran mukus tidak dirasa sebab akan bersatu dengan air liur serta tertelan. Ada polip dalam hidung membuat produksi mukus bertambah serta bertambah lebih kental. Ini membuat hidung berair, serta jika lendir tertelan bersama-sama air liur, kerongkongan berasa seperti berlendir (postnasal drip).


3. Bersin-bersin Beberapa ciri polip hidung selanjutnya ialah bersin-bersin. Bersin-bersin berlangsung akibatnya karena ada infeksi di susunan hidung.


4. Kekuatan indera penciuman turun Berkurangnya kekuatan indera penciuman di pasien polip hidung disebabkan polip menutup rongga hidung, hingga saraf sensorik dalam hidung kesusahan terima rangsangan dari udara yang terisap.


5. Indera perasa menyusut ketajamannya Indera perasa terkait dengan indera penciuman. Bila ketajaman penciuman menyusut, karena itu ketajaman indera perasa akan turun.


6. Mendengkur Polip hidung yang tumbuh akan mengganggu saluran udara dalam aliran napas. Ini mengakibatkan langit-langit lunak di mulut (soft palate) serta anak tekak (uvula) bergetar serta memunculkan dengkur.


Makin sempit aliran napas, makin keras dengkuran yang dibuat. Situasi ini lama kelamaan bisa mengakibatkan masalah tidur yang disebutkan apnea tidur (sleep apnea).


7. Sakit di kepala atau muka Beberapa ciri lain dari timbulnya polip hidung ialah ngilu di seputar tempat muka yang dapat dibarengi dengan sakit di kepala. Situasi ini berlangsung waktu polip menutup rongga sinus hingga mengakibatkan infeksi atau infeksi di sinus.


Gejala-gejala polip hidung sepintas memang seperti dengan tanda-tanda flu. Perbedaannya ialah flu bisa pulih dalam beberapa waktu, sedang polip hidung condong tahan pada waktu lama serta tidak lebih baik bila tidak diobati.


Oleh karenanya, Anda dianjurkan untuk pergi ke dokter bila alami tanda-tanda atau merasai beberapa ciri polip hidung. Dokter akan lakukan kontrol serta kemungkinan memberi resep beberapa obat bila dibutuhkan, seperti kortikosteroid tetes hidung atau oral, obat antialergi, serta antibiotik.


Bila peberian obat tidak berbuah hasil yang diinginkan, mekanisme operasi pengangkatan polip kemungkinan direferensikan oleh dokter.


Polip hidung yang termasuk untuk tumor jinak biasanya tidak beresiko. Tetapi, jika sesudah 10 minggu belumlah ada pembaruan dari tanda-tanda atau beberapa ciri polip hidung ada, Anda perlu konsultasi ke dokter ahli THT.